Contact : 082-280-651-977 / 082-301-034-747 / ( 0335 ) 7694467 / PIN BB : D13-182-B6
default-logo

Wisata Air Terjun di Probolinggo

Air Terjun. Air yang melewati jeram dan kemudian jatuh bebas dari suatu ketinggian.  Jadi arti Air Terjun adalah Air yang melewati jeram dan kemudian jatuh bebas dari suatu ketinggian. air terjun di proboliggo sendiri banyak ditemui dan dijadikan destinasi wisata oleh wisata domestik maupun mancanegara. Berikut ini adalah destinasi wisata di probolinggo yang menawarkan keindahan alam berupa air terjun :

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun MadakaripuraProbolinggo memang sangat kaya Wisata Alam, Berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 45 menit waktu tempuh dari lokasi wisata Gunung Bromo ke arah Probolinggo (ke Utara).  Jika dari pusat Kota / Kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan .

Jika perjalanan datang dari arah Probolinggo maka sesampai di Desa Sukapura akan ditemui pertigaan yang ditandai dengan plang besar.  Jika ke ke kiri ke arah Gunuing Bromo dan yang ke kanan ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura.  Jarak dari pertigaan ini masih sekitar 4 km hingga tiba di pintu masuk lokasi air terjun.

Air Terjun Madakaripura diyakini sebagai tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya. Lokasi air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger. Untuk sampai ke air terjun ini, Anda perlu berjalan sekira 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu sebelum sampai di pintu masuk. Akan tetapi, suguhan pemandangan yang hijau indah di sepanjang jalan adalah hiburan tersendiri yang dapat mengobati rasa lelah. Patung besar Patih Majapahit, Gajah Mada dalam posisi duduk meditasi akan menyapa setiap pengunjung sebelum mereka melanjutkan perjalanan lebih jauh ke pusat air terjun.

Tersedia cukup banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman di dekat area wisata ini.  Fasilitas lain juga tersedia seperti kamar mandi yang cukup bersih, mesjid dan tempat parkir. Mendekati lokasi air terjun akan ditemui beberapa warung penjual makanan dan minuman serta penyewaan payung.  Bagi yang tidak ingin berbasah basahan akibat terkena siraman guyuran air terjun dapat menyewa payung ini.

Air Terjun Darungan

Air Terjun DarunganTerletak di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur. memiliki ketinggian sekitar 15 m, Selain Air Terjun Darungan tidak jauh dari air terjun ini terdapat Air Terjun Kalipedati. Air terjun ini lebih tinggi dan lebih besar debit airnya dari Air Terjun Darungan. Untuk menuju kesana pengunjung biasanya menempuh 1 jam perjalanan dari Probolinggo (Ranu Agung Resort) dengan kendaraan bermotor plus ( perjalanan kaki) selama 1 jam setelah melalui area perkebunan kopi Aeng Dingin eks. milik Belanda yang berada di lereng barat Pegunungan Argopuro.Bagi yang menggunkan kendaraan umum dari Probolinggo naik bus jurusan Pajarakan.  Setelah sampai Pajarakan perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot ke jurusan Bremi. Sesampainya di Kawasan Wisata Bremi perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 2 km lewat jalan setapak yang menanjak. bagi anda yang penasaran dengan keindahan Air Terjun Darungan silahkan berkunjung ke kawasan Wisata Bremi – Probolinggo.

Air Terjun Pekalen

Air Terjun PekalenBentaran sungai yang bisa diarungi dengan jarak 29 Km dan terbagi atas tiga area. Sungai ini masuk dalam 3 kawasan kecamatan yaitu Tiris, Maron dan Gading. Lebih tepatnya, sungai ini terletak di dusun Angin-Angin, desa Ranu Gedang dan berakhir di dusun Gembleng, desa Pesawahan. Dari keadaan alam ini, sungai Pekalen dimanfaatkan sebagai wahana wisata yang bisa memacu adrenalin, yaitu Arung jeram atau Rafting. Dengan background panorama yang indah, air terjun yang megah dan terdapat goa-goa kelelawar dan beberapa satwa langka di sana sininya, membuat arung jeram di Pekalen menjadi kegiatan yang luar biasa menyenangkan.

Baca Juga : Paket Rafting Song Adventure, Noars Dan Regulo Probolinggo – Jawa Timur

Terdapat 3 rute dari masing-masing arus yang biasa dijadikan paket dalam Arung Jeram Pekalen, yaitu Sungai Pekalen atas berjarak 12 Km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 Km dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 Km. Masing-masing rute menawarkan berbagai keunikan tersendiri saat dilalui, seperti: pada Pekaleng bawah terdapat 32 jeram yang akan dilalui dan pada Pekalen atas, akan dijumpai 10 air terjun yang mempesona indahnya.

Yang paling penting untuk diketahui adalah semua paket yang ditawarkan dalam wana wisata arung jeram ini aman untuk dilakukan. Bagi mereka yang suka akan tantangan tapi tidak bisa berenang, jangan khawatir karena semua berada pada tangan-tangan profesional. Baik dari segi perahu, pelampung dan staff ahli yang mendampingi. Pengunjung hanya perlu tenang dan nikmati setiap gejolak adrenalin yang ada.

Gimana berminat mengunjungi Wisata air terjun di Probolinggo ?

About the Author
Kami menyediakan Paket Rafting Adventure, Penginapan / Home Stay, Hotel, Villa serta Paket Wisata Di Kawasan Gunung Bromo